Pengertian Ide Pokok Bacaan dan Cara Menentukan Pokok Pikiran Paragraf Beserta Contohnya

Dalam dunia pendidikan, banyak sekali istilah-istilah tentang topik bahasan seputar pengetahuan yang harus kita ketahui, disamping ada tuntutan karena kita seorang pelajar ada faktor lain pula yang menjadikan kita diharuskan untuk tau, salah satu faktor tersebut adalah kebutuhan akan ilmu. Pada artikel kali ini kami akan berbagi sedikit ilmu mengenai pengertian ide pokok bacaan dan cara menentukan pokok pikiran paragraf beserta contohnya. Selamat mencari ilmu.


Pengertian Ide Pokok Bacaan
Ide pokok bacaan yaitu ide yang menjadi pikiran utama dalam mengembangkan paragraf suatu bacaan. Ide pokok bacaan merupakan inti bahasan dari suatu bacaan yang juga sering disebut sebagai gagasan pokok atau kalimat utama. Ide pokok bacaan didukung oleh ide-ide penjelas dalam suatu paragraf.


Fungsi Ide Pokok
Fungsi ide pokok adalah memberikan penjelasan dari inti suatu bacaan atau paragraf, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami point utama dalam suatu paragraf.

Ciri Ciri Ide Pokok
1. Memiliki kalimat pendukung (kalimat pengembang) atau penjelasan
2. Ada yang mendukung, pendukung dapat berupa penjelasan atau alasan yang menguatkan
3. Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan dari keseluruhan paragraf.



Cara yang dapat dilakukan untuk menentukan ide pokok dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1. Bacalah setiap paragraf dalam bacaan secara cermat !
2. Perhatikan kalimat pertama hingga terakhir. Analisis apakah kalimat pertama mengandung ide pokok atau ide penjelas. Tentukan apakah kalimat kedua yang mengandung ide pokok?. Teruslah membaca keseluruhan kalimat hingga Anda menemukan ide pokok paragraf. Ide pokok terletak dalam kalimat utama karena sebagai inti paragraf. Kalimat utama dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau semua paragraf. 


Contoh Ide Pokok pada Paragraf
1. Ide Pokok ada Awal Paragraf
Contoh Paragraf:  
Mesin mempermudah perkembangan industri. Mekanisasi industri memungkinkan dilakukannya produksi secara massal dengan mutu tinggi, merangsang pedagang untuk berlomba-lomba menciptakan produk baru. Selain itu, dengan digunakannya mesin 
biaya produksi dapat diminimalkan. 

Ide pokok paragraf tersebut terletak pada awal paragraf. Paragraf ini merupakan paragraf deduktif atau paragraf umum ke khusus. Paragraf ini disusun dengan mengemukakan berbagai pokok persoalan yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus.

2. Ide Pokok pada Akhir Paragraf
Contoh Paragraf:
Sebagian kalangan pengusaha yang masih memegang nilai-nilai bisnis yang bersih mulai 
mengembangkan dan menerapkan prinsip perdagangan baru. Mereka tetap meyakini  bahwa bisnis itu sebenarnya mengandung nilai-nilai yang luhur. Dengan bisnis, martabat manusia dapat ditinggikan dan termuliakan. Oleh karena itu, sifat dan tindakan buruk harus segera dilenyapkan dari dunia usaha. 

Ide pokok paragraf tersebut terletak pada akhir paragraf. Paragraf ini merupakan paragraf induktif atau paragraf khusus ke umum. Paragraf ini disusun dengan cara menguraikan rincian berbagai hal yang bersifat khusus ke hal-hal yang bersifat umum.

3. Ide Pokok pada Awal dan Akhir Paragraf
Contoh Paragraf:
Andika telah lulus kuliah dan kesulitan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Berbagai kompetisi harus Ia lalui untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Andika harus mencari alternatif usaha mandiri karena mendapatkan pekerjaan itu sulit.

Paragraf di atas merupakan 
paragraf induktif, paragraf deduktif, dan paragraf campuran. Paragraf campuran yaitu paragraf yang memaparkan kesimpulan di awal paragraf kemudian ditegaskan lagi di akhir paragraf.

4. Ide Pokok Tersirat dalam Setiap Kalimat
Contoh Paragraf:
Andre menarik napas panjang. Menahan beban pikiran yang begitu amat berat. Ia mencoba untuk tetap bersabar dengan segala perlakuan saudarinya. Di meja makan, tampak Dewi duduk dengan tenang. Tak sedikit pun rasa bersalah itu tampak. Sebaliknya, Andre merasa tak enak jika tidak dapat membantu saudarinya.

Ide pokok tersirat dalam paragraf di atas. Semua kalimat yang membentuk paragraf tersebut mempunyai kedudukan yang sama penting. Paragraf tersebut berupa uraian yang bersifat deskriptif atau naratif.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian Ide Pokok Bacaan dan Cara Menentukan Pokok Pikiran Paragraf Beserta Contohnya yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam dunia pendidikan.

Referensi:


Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel Terbaru

Labels